July 14, 2011

NASA Luncurkan Pom Bensin Robot

Robot Dextre, yang akan meakukan pengisian bahan bakar dan perbaikan kecil untuk pesawat ruang angkasa di Orbit
Robot Dextre, yang akan meakukan pengisian bahan bakar dan perbaikan kecil untuk pesawat ruang angkasa di Orbit
WASHINGTON - Saat ini NASA sedang bereksperimen dengan percobaan misi robot yang akan memberika pengisian bahan bakar dan perbaikan kecil untuk pesawat ruang angkasa yang akan ditempatkan di orbit.

Dengan menggunakan pompa bensin robot, nantinya astronot tidak akan diminta untuk membuat semua perbaikan dan ini akan menghemat pengeluaran, serta dapat memperpanjang waktu pesawat ruang angkasa tinggal di orbit. Misi pengisian Robotic (RRM) satelit diluncurkan ke ruang angkasa dengan menaruhnya di dalam pesawat Atlantis, dewan  Pada hari Selasa, pesawat Atlantis akan membangun satelit RRM di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) selama program mereka di angkasa berlangsung.

RRM akan menjadi percobaan untuk extroidinaire petugas pompa bensin yang diberi nama Dextre. Dextre adalah robot kembar-bersenjata yang berada di stasiun ruang angkasa yang akan bertanggung jawab untuk mengisi bahan bakar dan menyelesaikan perbaikan kecil pada RRM. Demikian seperti dikutip TG Daily, Kamis (14/7/2011).

Tantangan utamanya ialah menghadapi spacewalkers yang mana pemasangan RRM ke stasiun ruang angkasa dengan bantuan Dextre, para Manipulator memiliki tujuan Khusus dan terampil. Robot akan membantu astronot memasang RRM ke lokasi tetapnya dulu sebelum bekerja.

Setelah di tempatkan, Dextre akan menjalani serangkaian tes, seperti pengisian bahan bakar pesawat. Dextre dikendalikan oleh operator manusia yang terletak di bumi yang harus memotong kabel, mengamankan,  dan tugas-tugas rumit lainnya sebelum mengisi bensin.

Jika RRM memang bisa mengisi bahan bakar pesawat ulang-alik dan menyelesaikan perbaikan kecil, hal itu bukan hanya menekan biaya lebih rendah tetapi juga memungkinkan untuk perjalanan ruang angkasa dalam jangka panjang. Selain itu, RRM dan Dextre akan mampu memperbaiki berbagai jenis satelit, sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin.

"Kami mengantisipasi hal tersebut, sehingga memungkinkan pada misi dan kemampuan masa depan, untuk komunitas ruang angkasa internasional,"ujar Benjamin Reed, NASA Satellite Servicing Capabilities Officer.

"Kami akan membuat data tersebut tersedia bagi semua orang. Artinya , semua industri komersial mungkin akan memulai usaha mereka sendiri di sana," ungkap Frank Cepollina, RRM  project manager di kantor Satellite Servicing Capabilities


SUMBER

0 comments:

Post a Comment