July 11, 2011

1.400 Bakteri Bersarang di Pusar Manusia

LONDON - Sejumlah peneliti dari North Carolina State University menemukan bahwa pusar manusia ternyata 'menampung' sekira 1.400 jenis bakteri. Sekira 662 diantaranya bahkan bisa jadi merupakan spesies baru.

Fakta itu ditemukan ketika setelah mereka meminta 95 partisipan secara sukarela memberikan sampel dari dalam pusar mereka kepada ahli mikrobiologi. Demikian sebagaimana dikutip Daily Mail, Senin (11/7/2011).

Meski jumlah temuan bakteri itu sangat banyak, 80 persen di antaranya berasal dari 40 jenis bakteri umum yang tidak berbahaya. Namun para peneliti mengklaim bahwa jumlah bakteri yang dimiliki masing-masing partisipan berbeda satu sama lain, tergantung dari kebersihan mereka masing-masing.

Salah satu partisipan, jurnalis New Scientist Peter Aldhous, mengaku rajin membersihkan pusarnya. Hasilnya, tidak ditemukan koloni bakteri apapun dalam pusarnya.

Sedangkan pada pusar penulis fiksi ilmiah Carl Zimmer ditemukan setidaknya 53 spesies bakteri berbeda. "Beberapa spesies yang saya miliki seperti Marimonas sebelumnya hanya pernah ditemukan di laut," tulis Zimmer tidak lama setelah itu.

"Saya cukup terkejut karena ternyata saya juga memiliki spesies yang disebut Georgina. Sebelum ini, ilmuwan hanya pernah menemukan bakteri tersebut hidup di tanah, tepatnya di Jepang," lanjut Zimmer.

Ketua tim peneliti Jiri Hulcr mengatakan mereka tertarik melakukan penyelidikan ini karena semua orang memilikinya. "Kendati begitu, kita jarang menyadari hal ini dalam keseharian kita. Hanya sedikit orang yang membersihkan pusar mereka," jelasnya.

"Kami mungkin satu-satunya peneliti yang mempelajari pusar manusia dalam skala besar," tutur Hulcr.
sumber

0 comments:

Post a Comment