July 22, 2011

Dua Mobil Ramah Lingkungan Ala Suzuki

Suzuki Concept-G

JAKARTA, KOMPAS.comSuzuki masih mengusung konsep teknologi ramah lingkungan dalam momen "19th Indonesia International Motor Show". Setidakya, pemandangan "green" dan "eco" diwakili dua mobil konsep Swift range Extender dan Concept-G mewarnai booth Suzuki di Hall A arena JIExpo Kemayoran yang diamati Kompas.com pada hari pertama, Jumat (22/7/2011).

Managing Officer Executive General Manager Global Marketing Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan, Suzuki memang berkomitmen mengusung konsep ramah lingkungan mengingat kondisi dunia belakangan ini. Oleh karena itu, Suzuki banyak terlibat dalam pengembangan konsep-konsep mobil ramah lingkungan dengan mengacu pada prinsip 3R: reduce, re-use dan recycle. "Kami bertanggung jawab terhadap konsumen soal kendaraan yang ramah lingkungan," katanya saat pembukaan booth Suzuki.
 
Mobil konsep pertama yang diperkenalkan adalah Swift Range Extender yang dijalankan secara elektrik. Jadi,  hatchback ini digerakkan oleh motor yang mendapat suplai dari baterai. Dengan baterai yang terisi penuh, mobil dapat berjalan sejauh 15 km. Jika kekuatan baterai berkurang, mesin 660 cc berfungsi sebagai pengisi sehingga tak perlu khawatir habis. Uji coba terhadap mobil ini sudah dilakukan sejak musim gugur tahun 2010.

 
KOMPAS.COM/SABASTIAN
Suzuki Range Extender tak usah khawatir tenaga listrik habis

Mobil ramah lingkungan kedua Concept-G yang mewakili impian Suzuki akan mobil kecil (compact car). Konsepnya mengacu pada Alto yang dipasarkan di Jepang dan telah berkembang baik dari segi ekonomis, konsumsi bahan bakar, keamanan, maupun kenyamanan. Suzuki berharap Concept-G bisa menunjukkan kepada publik bahwa Suzuki memiliki teknologi dan kemampuan dalam membuat mobil kecil dengan tetap mempetahankan unsur keceriaan kenyamanan.

Lalu, kapan kira-kira dua mobil konsep ini siap dipasarkan dan masuk ke Indonesia? "Terus terang, teknologi baterai itu sangat mahal. Prinsip pabrikan kita enggak berani dilepas ke pasar kalau harganya tinggi. Kesadaran bahan bakar menipis kan sebenarnya baru setahun terakhir. Ini bisa menunggu 10-20 tahun," tambah Endro Nugroho, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales.

Jika dua mobil ini masih bisa dibilang di angan-angan, Suzuki tetap membawa mobil-mobil tangguhnya di booth ini, seperti Splash, New Karimun Estillo, SX4 X-over, Grand Vitara 2.4 dan APV Luxury.

(otomotif kompas)

0 comments:

Post a Comment