July 14, 2011

Fosil Dinosaurus Terakhir Terbukti Mati Akibat Asteroid

Fosil Triceratops yang ditemukan di Montana
Fosil Triceratops yang ditemukan di Montana
LONDON - Sebuah fosil tanduk dari salah satu dinosaurus yang hidup terakhir membuktikan bahwa serangan meteor besar mengakhiri kehidupan seluruh spesies dinosaurus.

Seperti yang dikutip Daily Mail, Jumat (15/7/2011), fosil tanduk dengan panjang 45cm merupakan tanduk yang dimiliki jenis dinosaurus Triceratops yang merupakan dinosaurus bertanduk. Fosil tersebut ditemukan di sebuah situs geologis yang dikenal sebagai Formasi Creek Neraka di tanah yang tandus di sebelah tenggara Montana, Amerika Serikat (AS), di mana sebelumnya telah banyak ditemukan fosil dinosaurus yang lain.

Sesuatu yang membuatnya menarik yaitu penemuan fosil ini hanya berjarak 13 cm di bawah lapisan batuan. Ini merupakan penemuan fosil paling dangkal dalam sejarah pencarian fosil yang memakan penggalian hingga puluhan meter, apalagi ini merupakan fosil dinosaurus.

Hal ini menunjukan kepada kita bahwa dinosaurus terakhir yang lenyap dari peradaban bumi. Sementara para Ilmuwan meyakini kalau dinosaurus kemudian menghilang secara cepat setelah adanya bencana global dengan serangan batuan asteroid ke bumi pada masa itu.

"Penemuan ini memberikan beberapa bukti bahwa dinosaurus tidak mati pelan-pelan sebelum meteor menghantam, "ujar Dr Tyler Lyson, dari Yale University di New Haven.

"Fakta bahwa spesimen ini begitu dekat dengan perbatasan menunjukan bahwa setidaknya beberapa dinosaurus sedang melakukan upaya penyelamatan diri sebelum akhirnya terkena dampak asteroid,"tambah Lyson.



0 comments:

Post a Comment