July 5, 2011

Kacamata Pintar untuk Bantu Tuna Netra

 (Ilustrasi: Google) 
LONDON - Sejumlah ilmuwan Oxford University tengah mengembangkan perangkat kacamata pintar yang bisa membantu ratusan ribu penderita tuna netra kembali 'melihat'.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (6/7/2011), kamera canggih ini akan menggunakan kamera-kamera kecil dan komputer saku untuk memperingatkan si pemakai jika ada orang atau obyek-obyek lain di depannya.

Kacamata ini diharapkan bisa memudahkan para penderita tuna netra ketika menjelajah pusat perbelanjaan atau stasiun kereta api yang sibuk. Bukan hanya itu, kacamata ini bahkan bisa membantu mereka ‘membaca’ nomor bus maupun angka yang tertera di mesin ATM.

Secara garis besar, kacamata ini akan dilengkapi sejumlah light-emitting diode (LED) kecil di bagian lensanya serta beberapa kamera seukuran kepala peniti di bagian ujung bingkainya. Kamera-kamera itu akan menangkap informasi yang terjangkau oleh mata si pengguna dan mengirimnya ke komputer saku seukuran ponsel, yang berada di kantung baju pengguna.

Komputer itu kemudian akan memproses informasi serta menyederhanakannya menjadi pola tertentu. LED pada lensa bakal menyala sesuai bentuk pola itu sehingga bisa memberitahu si pemakai tentang obyek-obyek yang ada di hadapannya.

Rencananya, kacamata ini akan dipasarkan pada awal 2014 mendatang, jika ujicobanya berhasil. Kacamata canggih namun ringan ini disinyalir bakal dibanderol dengan harga kurang dari 1.000 poundsterling (USD1.610).

"Sangat memuaskan kalau kami bisa memproduksi kacamata ini dengan harga cenderung terjangkau dan bisa dinikmati oleh mereka yang benar-benar membutuhkan," cetus Dr Stephen Hicks, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini.

Dr Hicks berencana melakukan ujicoba laboratorium kecil-kecilan kepada penderita tuna netra tahun ini. Setelah itu dia akan menguji kacamata tersebut kepada sekira 120 penderita tuna netra yang bakal memakainya selama sekira dua tahun.
sumber: http://techno.okezone.com/read/2011/07/05/57/476345/kacamata-pintar-untuk-bantu-tuna-netra

0 comments:

Post a Comment