June 30, 2011

Teknologi Haptic Digunakan Militer


Teknologi haptic akan hadir di ikat pinggang tentara Amerika Serikat. Teknologi ini bukan barang baru. Haptic adalah teknologi yang bekerja menggunakan sensor peraba dan stimulasi mekanik untuk mengendalikan objek virtual, atau sebagai pengganti remote control di berbagai perangkat mesin.

Teknologi ini terdapat di game seperti Sega motorbike atau game konsol lain generasi baru. Seperti dilaporkan New Scientist, kantor lembaga penelitian militer Amerika Serikat di Carolina Utara sedang menguji alat ini, tapi penerapannya lebih canggih dari yang sudah ada. Mereka berharap alat ini dapat digunakan tentara untuk memandu arah di medan perang.

Ikat pinggang haptic ini nantinya merupakan gabungan dari GPS, akselerometer, dan kompas, yang dapat bergetar atau mengirim sinyal yang memandu tentara untuk berjalan ke arah yang tepat, atau memberi tanda jika mereka sudah dekat dengan target.

Ide dasar ikat pinggang ini adalah mengurangi kerumitan perangkat perang. Perangkat perang sebisa mungkin tidak lagi perlu dipegang, karena kalau dibawa-bawa tangan, bisa membuat tentara lengah di medang perang. Jadi sebisa mungkin semua perangkat dapat dikenakan di tubuh tentara.

Belum diketahui kapan ikat pinggang ini bisa mulai digunakan, tapi pengujian awal menunjukkan alat ini cukup akurat, seakurat GPS.

sumber: http://teknologi.inilah.com/read/detail/1655482/teknologi-haptic-digunakan-militer

0 comments:

Post a Comment